Cerita Di Balik Tradisi Tahunan Di Pantai Slili Gunung Kidul

Cerita Di Balik Tradisi Tahunan Di Pantai Slili Gunung Kidul. Setiap daerah memiliki tradisi nya masing-masing. Setiap tempat memiliki tradisi yang bervariasi, cara yang berbeda, dan tujuan yang berbeda pula. Ada banyak ragam cara untuk melakukan ritual-ritual khusus setiap kelompok. Salah satu yang akan kita bahas adalah tradisi tahunan di Pantai Slili Gunung Kidul, Yogyakarta.

Setiap tahunnya para warga sekitar pantai melakukan beberapa kegiatan dengan tujuan tertentu. Ada yang disebut sebagai ritual tahunan atau sebagainya. Semua warga di pesisir pantai masih percaya akan kepercayaan. Kepercayaan kepada sang leluhur di pantai. Maka dari itu semua warga di sekitar pantai melakukan pesta tahunan. Hal ini cukup menarik untuk diketahui dan dipelajari oleh generasi muda. Agar mereka tetap menjaga tradisi yang telah ada sebelumnya.

READ  Yuk Simak Hal Apa Saja Yang Menarik Di Pantai Ngetun

Tradisi ini diketuai oleh orang tertua di daerah tersebut. Orang yang dirasa sanggup untuk memimpin saat pesta tradisi tersebut dilaksanakan. Pestanya diadakan secara besar-besaran sebagai ungkapan syukur dan permohonan agar diberikan yang terbaik. Pestanya diikuti oleh semua warga, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Pestanya dengan membuat tumpeng dan melarung nya. Tapi ada juga yang dimakan oleh para warga daerah pantai Slili Gunung Kidul.

Beberapa fakta dibalik tradisi tahunan Pantai Slili Gunung Kidul

 

READ  Pemerintah Indonesia Membuka lebih dari 1 Destinasi Raja Ampat, Free West Papua!
Pantai Slili
Pantai Slili

Berharap agar di berikan panen yang berlimpah

Salah satu tujuan utama tradisi tahunan ini adalah berharap diberikan panen yang berlimpah. Hal ini merupakan sistem kepercayaan akan leluhurnya. Boleh percaya boleh tidak, namun hal ini dilakukan setiap tahunnya. Hal ini dengan memasak tumpeng nasi kuning ukuran besar dan melarung nya ke laut. Sebagai wujud permintaan kepada sang leluhur agar panen para warga berlimpah. Tradisi ini diikuti oleh semua kalangan.

Wujud rasa syukur terhadap pantai karena memberikan rejeki

Salah satu tujuan utamanya adalah sebagai rasa Terima kasih. Dan syukuran atas berkah yang telah pantai itu berikan untuk para nelayan. Pantai memberikan banyak ikan yang bisa menghidupi para nelayan dan keluarga nya. Jadi para warga memberikan rasa syukurnya sebagai tradisi tahunan dengan makan-makan bersama semua warna pesisir pantai Slili. Unik dan menarik juga ya tradisi pantai ini. Perhatikan juga artikel menarik terkait pantai ngetun ini ya.

READ  7 Tempat Villa Di Batu Yang Paling Murah!

Itulah beberapa ulasan tentang tradisi tahunan pantai Slili. Acara unik yang juga mengundang banyak perhatian wisatawan. Serta menjadi acara wajib tahunan setiap warga pesisir pantai sebagai bentuk harapan dan bentuk syukur terhadap alam. Kita harus menghargai setiap apa yang dipercaya oleh orang lain. Sebagai bentuk hormat terhadap sesama manusia. Tradisi ini juga boleh diikuti oleh orang lain diluar warga tetap penduduk pesisir pantai Slili Gunung Kidul, Yogyakarta.